KLASIFIKASI TEORI AKUNTANSI MENURUT METODE PENALARAN

ATAS DASAR METODE PENALARAN YANG DIGUNAKAN, TEORI AKUNTANSI DAPAT DI-RUMUSKAN DARI BERBAGAI PENDEKATAN YANG BERBEDA, YAITU :

  • DEDUKTIF
  • INDUKTIF
  • ETIKAL
  • SOSIOLOGI
  • EKONOMI
  • EKLEKTIK

PENDEKATAN DEDUKTIF

VALIDITAS  TEORI YANG DIKEMBANGKAN MELALUI PENDEKAKTAN INI, SANGAT TERGANTUNG PADA KEMAMPUAN PENELITI UNTUK MENGIDENTIFIKASI DAN MENGHUBUNGKAN DENGAN TEPAT BERBAGAI KOMPONEN PROSES AKUNTANSI DALAM URUTAN YANG LOGIS. KESALAHAN DALAM MENENTUKAN TUJUAN DAN KEMAMPUAN PROSEDUR UNTUK MENCAPAI TUJUAN TERSEBUT, AKAN MENGHASILKAN KONKLUSI YANG SALAH.  PENDEKATAN INI TERBUKTI SERING MENGHASILKAN PRINSIP YANG TERLALU TEORITIS SEHINGGA TIDAK DAPAT DITERAPKAN DALAM PRAKTIK . IMPLIKASINYA, PENDEKATAN INI KURANG TERUJI DALAM PRUKTIK.

PENDEKATAN INDUKTIF.

LITTLETON (1953), MENYATAKAN BAHWA PRINSIP AKUNTANSI DAPAT DIHASILKAN SECARA INDUKTIF DENGAN MELAKUKAN PENGUJIAN EMPIRIS TERHADAP KEGIATAN AKUNTANSI. PROSES INDUKTIF MELIBATKAN KEGIATAN OBSERVASI MENGENAI DATA KEUANGAN YANG BERKAITAN DENGAN BERBAGAI UNIT USAHA. DARI HASIL OBSERVASI, KEMUDIAN DILAKUKAN GENERALISASI DAN DIRUMUSKAN PRINSIP-PRINSIOP AKUNTANSI SESUAI HUBUNGAN YANG ADA. DENGAN LANGKAH SBB :

  • MENCATAT SEMUA OBSERVASI
  • MENGANALISA DAN MENGKLASIFIKASIKAN HASIL OBSERVASI, SEHINGGA DAPAT DIRUMUSKAN BERBAGAI KESAMAAN DAN KETIDAK SAMAAN.
  • HASIL OBSERVASI KEMUDIAN DI-GENERALISASI
  • PENGUJIAN TERHADAP GENERALISASI  (BELKOUI, 1993)

ATAS DASAR LANGKAH DIATAS, BERBAGAI HUBUNGAN ANTARA VARIABLE YANG DI-OBSERVASI AKAN TERUS DI-AMATI. APABILA TERDAPAT HUBUNGAN YANG JELAS, MAKA GENERALISASI DAN BERBAGAI PRINSIP DAPAT DIRUMUSKAN. TUJUAN YANG MELANDASI INDUKSI ADALAH UNTUK MERUMUSKAN KONKLUSI TEORITIS DAN BERSIFAT ABSTRAK DARI RASIONALISASI PRAKTIK AKUNTANSI.

KEUNTUNGAN PENDEKATAN INDUKTIF

ADALAH DIDASARKAN PADA KEBEBASAN DIMANA PERUMUSAN TEORI AKUNTANSI TIDAK DIBATASI OLEH STUKTUR  ATAU MODEL YANG TELAH DISIAPKAN SEBELUMNYA. JADI PIHAK OBSERVER MEMILIKI KEBEBASAN UNTUK MENGAMATI VARIAB LE TERTENTU SELAMA MASIH RELEVAN DENGAN TUJUAN YANG AKAN DICAPAI.

KELEMAHAN PENDEKATAN INDUKTIF
  • PENGAMAT MUNGKIN DIPENGARUHI UNSUR BIAS YANG TIDAK DISADARI
  • DATA YANG DI-OBSERVASI TIDAK SAMA ANTARA MASING-MASING PERUSAHAAN DAN SERINGKALI JUMLAHNYA TERBATAS.
  • PENDEKATAN INDUKTIF DAN DEDUKTIF BERSIFAT SALING MELENGKAPI DAN SERING DIGUNAKAN SECARA BERSAMA-SAMA (RUDNER, 1966) DAN (CARNAP, 1951)

PENDEKATAN ETIKAL

PENDEKATAN INI DIDASARKAN PADA KONSEP KEBENARAN (TRUTH), KEADILAN (Justice), DAN KEWAJARAN  (FAIRNESS). PENDEKATAN INI MAKIN PENTING PADA SAAT SEKARAN (SCOTT) KARENA PRINSIP AKUNTANSI ADALAH PEENYATAAN UMUM YANG MENGHUBUNGKAN ATURAN  (PEDOMAN) DAN PROSEDUR AKUNTANSI DENGAN KONSEP SOSIAL TERSEBUT. DAN BAHWA PROSEDUR AKUNTANSI AKAN BERUBAH KARENA PERUBAHAN KONDISI LINGKUNGAN BUKAN BERUBAH KARENA MAKSUD TERTENTU UNTUK MEMENUHI TUJUAN SEKELOMPOK PEMAKAI TERTENTU.

PENDEKATAN SOSIOLOGI

PENDEKATAN INI MENEKANKAN PADA SOCIO ECONOMIC ACCOUNTING YANG BERTUJUAN AGAR PERUSAHAAN MEMPERTANGGUNGJAWABKAN KEGIATAN USAHANYA PADA LINGKUNGAN SODIAL MELALUI PENGUKURAN, INTETRNALISASI DAN PENGUNGKAAN DAMPAK SOSIAL KEGIATAN PERUSAHAAN DALAM LAPORAN KEUANGAN

PENDEKATAN EKONOMI

YANG MEMUSATKAN PERHATIAN PADA PENGENDALIAN TERHADAP PERILAKU INDIKATOR MAKRO EKONOMISEBAGAI AKIBAT ADOPSI BERBAGAI TEKNIK AKUNTANSI. JADI, TEHNIK AKUNTANSI YANG DIKEMBANGKAN HARUS DAPAT MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN EKONOMI UMUM. PEMILIHAN TERHADAP TEKNIK AKUNTANSI TERGANTUNG PENGARUHNYA PADA EKONOMI NASIONAL. KRITERIA YANG DIGUNAKAN PADA PENDEKATAN INI ADALAH  :

  • KEBIJAKAN DAN TEKNIK AKUNTANSI HARUS DAPAT ME-REFLEKSIKAN REALITA EKONOMI
  • PEMILIHAN TEHNIK AKUNTANSI TERGANTUNG PADA KONSEKUENSI EKONOMI YANG TIMBUL DAN PENERAPAN TEKNIK TERSEBUT
  • PENDEKATAN EKLEKTIK

ADALAH BERTUJUAN MENGEMBANGKAN AKUNTANSI DENGAN CARA MENGGABUNGKAN BERBAGAI PENDEKATAN YANG SELAMA INI DIGUNAKAN.

One thought on “KLASIFIKASI TEORI AKUNTANSI MENURUT METODE PENALARAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s