Suhu

Suhu (temperatur) suatu benda adalah ukuran relatif panas dan dinginya benda tersebut. Untuk mengukur suhu tidak dapat digunakan alat peraba dari indra kita, karena akan sangat subjektif dan dari orang ke orang akan berbeda tergantung pada sensitivitas indra perasanya. Oleh sebab itu suhu diukur dengan suatu alat yang disebut termometer. Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu dengan tepat dan dapat dinyatakan dengan angka.Dalam membuat skala termometer, kita harus menentukan terlebih dulu suhu acuan. Dari sini ada empat jenis termometer yang berbeda skalanya yang dikenal saat ini, yaitu termometer Celcius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin.

Penentuan skala pada termometer Celcius dipakai angka 0 pada saat es mencair dan angka 100 ketika air mendidih. Antara angka nol dan 100 dibagi menjadi 100 bagian secara linier. Tiap bagian disebut derajat atau skala celcius. Pembagian ini dapat diteruskan ke atas atau ke bawah. Jadi pada termometer ini es mencair pada 0oC, dan air mendidih pada 100oC.

Skala Reamur dibuat dengan mengambil angka 0 untuk es mencair dan angka 80 untuk air mendidih. Antara angka 0 dan 80 dibagi menjadi 80 bagian secara linier. Tiap bagian disebut skala Reamur.

Termometer Fahrenheit, berbeda dengan termometer celcius dan reamur dalam mengambil suhu acuan. Pada termometer Fahrenheit es mencair pada angka 32 dan air mendidih pada angka 212. Antara angka 32 dan 212 dibagi menjadi 180 bagian secara linier. Tiap bagiannya disebut skala Fahrenheit.

Skala atau satuan suhu yang digunakan dalam sistem internasional adalah skala kelvin, dimana 0 kelvin adalah suhu paling rendah yang mungkin dimiliki oleh suau benda. Pada suhu nol kelvin, partikel-partikel sama sekali tidak bergerak (diam). Karena itu, suhu 0 kelvin disebut juga suhu nol mutlak.

Dengan demikian perbandingan skala pada keempat termometer ini adalah :

tC : tR : (tF – 32) : (tK – 273) = 5 : 4 : 9 : 5

Misalnya jika diketahui suhu dalam skala celcius, maka untuk menghitungnya ke dalam skala reamur adalah :

tR = 4/5 tC

Menghitung ke dalam skala fahrenheit adalah :

tF = 9/5 tC + 32

Menghitung ke dalam skala kelvin adalah :

tK = 5/5 tC + 273

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s